. BPR Samarinda Raih Rating Terbaik - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Rabu, 19 Juni 2013

BPR Samarinda Raih Rating Terbaik



**Jaang: Selamat. Jangan Lupakan UMKM!

SAMARINDA—Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Samarinda terus meraih prestasi. Tidak hanya mampu memberi kontribusi PAD, BPR ‘plat merah’ milik Pemkot Samarinda berhasil meraih rating terbaik dengan kinerja sangat bagus dari 1.653 BPR se Indonesia versi Infobank 2013.
“Selamat atas prestasi yang diraih teman-teman di BPR Samarinda. Beberapa tahun belakangan BPR sudah mampu memberi kontribusi PAD. Alhamdulillah, kini sukses mencetak kinerja yang gemilang berdasarkan rating bank versi Infobank 2013,” ucap Wali Kota Samarinda H Syaharie Jaang kepada media ini di ruang kerjanya, Selasa (18/6).
Namun, Jaang mengingatkan tujuan awal berdirinya BPR ini untuk menopang dan mendongkrak sektor  UMKM dan pro ekonomi kerakyatan. “Saya yakin, BPR sudah melaksanakan misi kita ini. Pesan saya, jangan lupakan UMKM, karena mereka ini terbukti kokoh saat terjadi krisis ekonomi,” tandasnya.
Direktur Utama PD BPR Samarinda Desy Noviyanti menyampaikan terima kasih atas kerja keras awak BPR Samarinda, mengingat semakin banyaknya bank umum yang terjun ke segmen mikro membuat posisi BPR kian terjepit.
“Tapi Alhamdulillah, kita masih tetap survive, dan mampu menyumbang PAD. Karena BPR makin hari makin diterima masyarakat sehingga melahirkan permintaan pelayanan transaksi keuangan yang juga makin besar,” beber Desy.
Menurut Desy, BPR Samarinda menjadi terbaik se Indonesia versi Infobank dengan kategori beraset Rp 25 miliar sampai dengan di bawah Rp 50 miliar dan satu-satunya BPR di Kaltim yang meraih prestasi terbaik.
“Pencapaian ini tantangan yang sangat berat untuk mempertahankan dan meningkatkan performa BPR kita. Dan pencapaian ini juga hasil kerja keras karyawan internal, para nasabah, masyarakat umum juga pemerintah kota,” imbuh Desy.
Desy sendiri mengaki tidak tahu persis mekanisme penilaian. Hanya saja, menjadi kewajiban setiap bank melaporkan data dan semua transaksi tiap hari.
Adapun sejumlah kriteria penilaian BPR terbaik terdiri atas permodalan, termasuk di dalamnya pertumbuhan modal, aktiva produktif, rentabilitas, likuiditas dan efisensi.
Bahan baku dari rating BPR versi infobank ini berdasarkan laporan keuangan tahun buku 2011 dan 2012. Biro riset infobank melakukan penilaian terhadap BPR dengan metode kuantitatif berdasarkan pada laporan keuangan yang dipublikasikan di web site Bank Indonesia (BI).(hms2)

2 komentar:

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.