VISI
"Terwujudnya
daerah tujuan wisata yang mempunyai keunggulan daya dsaing, berbasis
teknologi informasi dengan pelaksanaan tata kelola budaya wisata yang
berkualitas menuju Samarinda sebagai Kota Metropolitan".
MISI
- Mewujudkan citra dan pandangan positit Kota Samarinda sebagai ibukota Kalimantan Timur yang memiliki tujuan wisata unggulan.
- Mengembangkan seni dan budaya Kota Samarinda sesuai dengan kepribadian bangsa.
- Mewujudkan budaya daerah melalui lembaga-lembaga seni dan budaya sebagai filter masuknya budaya asing dan untuk perekat persahabatan, persatuan dan kesatuan bangsa.
- Mewujudkan industri pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD), perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.
- Meningkatkan pemasaran dan hubungan kerjasama kepariwisataan baik dalam ataupun luar negeri.
- Meningkatkan dan mengembangkan manajemen pengelolaan jasa usaha dan sarana kepariwisataan, komunikasi dan informasi.
- Meningkatkan SDM, peran serta swasta dan masyarakat dalam pengembangan kepariwisataan, komunikasi dan teknologi informasi.