. Tegakkan Perda, DKP Gelar Yustisi Kebersihan - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Jumat, 04 Oktober 2013

Tegakkan Perda, DKP Gelar Yustisi Kebersihan



Samarinda- Larangan membuang sampah diluar pukul 6 sore – 6 pagi tampaknya belum ditaati sepenuhnya. Hal tersebut tampak terlihat dalam gelaran operasi yustisi yang dilakukan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda, (3/10) kemarin.
Beberapa warga yang tertangkap tangan sedang membuang sampah langsung di hadapkan pada Penyidik Pegawai Negeri sipil (PPNS) untuk di data dan selanjutnya diarahkan untuk mengikuti sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Kota Samarinda atas pelanggaran Perda Kota Samarinda No. 2 tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah.
Beberapa warga yang berada dilapangan mengaku tidak mengetahui tentang adanya larangan membuang sampah terbut yang dinilainya baru dan dilakukan sepihak oleh pemerintah.
Terkait hal tersebut, Kabid Penyuluhan dan Pengawasan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda yang memimpin Operasi Yustisi Kebersihan tersebut mengatakan sosialisasi kepada warga masyarakat telah di lakukan secara berulang baik melalui media elektronik, cetak, maupun himbauan langsung yang disampaikan oleh Camat dan Lurah setempat. Apalagi perda tersebut telah diberlakukan sejak tahun 2011 sehingga tidak ada alasan bagi warga membuang sampah disembarang tempat mamupun diluar jam yang ditentukan.
“pemerintah tentu tidak ingin warga terkena sanksi. Tetapi jika tindakan persuasive tidak mendapat respon yang baik tentu harus ada mekanisme penindakan.”Jelasnya Yustisi ini merupakan agenda rutin. Jadi menurut dia seharusnya warga sudah memahami.
Kedepan, lanjutnya, DKP akan terus melakukan kegiatan serupa sehingga masyarakat benar-benar tertib memperlakukan sampah mereka agar tidak mengganggu kepentingan umum yang lebih luas. (HMS4).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.