. Canangkan Kampung Nelayan di 2 Kelurahan - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Jumat, 19 Juli 2013

Canangkan Kampung Nelayan di 2 Kelurahan



SAMARINDA--Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Perikaann dan Peternakan dalam waktu dekat  berencana akan melaunching dua kawasan kelurahan Sungai Kapih dan Sungai Keledang sebagai kampung nelayan.
Penetepan dua wilayah ini sebagai perkampungan  nelayan dikatakan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Samsul Bachri adalah sebagai upaya peningkatan kesejahteraan hidup nelayan.
Dalam arti apabila pemerintah ingin memberikan perhatian berupa bantuan fasilitas maka akan lebih mudah terfokus, selain mengingat bahwa sudah sejak lama kebanyakan nelayan Samarinda memang bermukim di wilayah tersebut.
Sebagai langkah awal, lanjutnya dalam penetapan kawasan kampung nelayan ini, pihaknya akan mengupayakan peningkatan fasilitas pemukiman berupa pembuatan sertifikat tanah, yang akan diserahkan pada acara launching nantinya. 
Selain diacara tersebut tambahnya akan diserahkan kartu keanggotaan nelayan juga asuransi jiwa nelayan.
Jumlah sertifikat tanah yang tengah diproses melalui BPN saat ini kata Samsul sebanyak 39 sertifikat. Sementara jumlah nelayan yang bermukim di dua kawasan tersebut saat ini mencapai 300 orang. Dengan pembagian 4 kelompok usaha bersama (KUB) di Sungai Kapih, dan 2 KUB di Sungai Keledang.
Disinggung tentang perolehan hasil, Samsul menyebut sejauh ini jumlah tangkapan nelayan mencapai 700 Kg/bulan, sedangkan tingkat konsumsi masyarakat mencapai 34,9 kg/kapita/tahun. Sehingga untuk menutupi kebutuhan ini kota Samarinda memang masih mendatangkan ikan dari luar daerah, selain didukung pula dengan kegiatan budidaya.(hms3)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.