. Sekkot: Kendalikan Laju Pertumbuhan - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Jumat, 21 Juni 2013

Sekkot: Kendalikan Laju Pertumbuhan



SAMARINDA–Kondisi laju pertumbuhan penduduk Samarinda yang mencapai 3,12%/tahunnya, disatu sisi menjadi salah satu potensi, namun pada sisi lain bila tidak dikendalikan tentunya akan menjadi persoalan tersendiri pada perkembangan kota berkaitan masalah kesejahteraan, kesehatan dan ketenagakerjaan serta ragam persoalan sosial kemasyarakatan lain.
”Untuk itu dalam pertumbuhannya masalah kependudukan ini perlu mendapat perhatian semua pihak,” ucap Sekkot Zulfakar ketika membuka sosialisasi kebijakan & Strategi Advokasi dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kependudukan dan KB bagi SKPD dan mitra kerja di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda, Kamis (20/6).
Menurutnya salah satu strategi dalam penanggulangan masalah kependudukan ini adalah dengan peningkatan kualitas dan akses pelayanan KB.
Oleh karena itu ia sangat menyambut baik adanya advokasi ini, sebagai salah satu upaya untuk terus meningkatkan pemahaman penentu kebijakan agar dapat memberikan dukungan terhadap program KB.
”Karena dalam pelaksanaannya masalah kependudukan ini tidak tertumpu pada badan keluarga berencana saja, melainkan meliputi pula peran serta unit lembaga terkait sesuai dengan tupoksinya,” tandas Zulfakar.
Sementara itu terkait dengan kegiatan sosialisasi Kepala Badan KBKS Kota Samarinda Nani Ruminingsih menyebut bukan indikasi adanya penurunan capaian sasaran program keluarga berencana melainkan sebagai media untuk mewujudkan komitmen para pemangku kepentingan dan mitra dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang program KB.
Tentang pengertian KIE secara umum ia menggambarkan komunikasi meliputi suatu proses penyampaian isi pesan pembangunan kependudukan dan keluarga berencana (PKKB) dari seseorang kepada pihak lain untuk mendapat tanggapan. Sementara informasi adalah data tentang PKKB, dan edukasi adalah kegiatan yang mendorong terjadinya perubahan prinsif seseorang/kelompok dalam PKKB. ”Advokasi sendiri adalah upaya untuk mengajak dan memotivasi para pembuat kebijakan agar mengeluarkan regulasi PKKB terutama yang berpihak kepada masyarakat marginal,” tandasnya. (Hms3).         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.