. Samarinda Siap Terapkan Kurikulum 2013 - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Senin, 03 Juni 2013

Samarinda Siap Terapkan Kurikulum 2013


SAMARINDA---Pendidikan merupakan kunci untuk memutus rantai kemiskinan. Penegasan Walikota Samarinda Syaharie Jaang ini disampaikan ketika membuka simposium nasional mengenai Kurikulum Pendidikan Nasional 2013 garapan DPD KNPI Kota samarinda  di Ballroom Hotel Grand Sawit, (01/6) lalu.
Menurut Jaang, kualitas SDM yang baik ditentukan oleh kualitas pendidikan yang diterimanya. Memiliki kualitas SDM yang mumpuni tentu saja merupakan investasi yang baik di masa depan terutama dalam konteks pembangunan yang berkelanjutan.
“Kita yang hadir saat ini tidak akan terus muda dan terus berkarya. Pada saatnya kita akan memasuki masa pensiun. Dan yang menggantikan adalah generasi yang lebih muda. Karena itu SDM mereka harus dilatih dan dididik dengan baik agar mereka memiliki daya saing dan daya tahan yang kuat terhadap berbagai kompleksitas permasalahan di masa depan” paparnya di hadapan Kepala Bidang Profesi Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional, Santi Ambarrukmi, Pejabat dilingkungan Pemkot Samarinda beserta sejumlah pengamat pendidikan di Kalimantan Timur, para Guru dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman yang menghadiri kegiatan tersebut.
Lebih lanjut dikatakannya, pendidikan menyediakan akses yang lebih luas kepada setiap individu untuk berkompetisi dan berkarya tidak hanya di tingkat lokal dan regional, tetapi juga skala global karena saat ini kita sedang memasuki era persaingan yang ketat dengan masyarakat dunia diberbagai bidang.
"Karena itu saya menilai simposium nasional seperti ini seperti ini memiliki arti penting dan strategi dalam rangka mendukung pembangunan pendidikan dalam pembentukan SDM yang berkualitas melalui berbagai program dan kurikulim pendidikan. Saya melihat Kurikulum 2013 ini sangat perlu untuk dikaji secara mendalam guna mempersiapkan pelaksanaanya nanti. Dan Pemerintah Kota Samarinda tentu siap untuk mendukung pelaksanaannya nanti karena saya sadar kurikulum 2013 tujuannya sangat baik, yaitu untuk memberikan pendidikan secara implementatif serta bertujuan untuk keberhasilan siswa di bidang ilmu pengetahuan serta berkarakter mulia dan berwawasan kebangsaan,” ucapnya.
Sementara itu Ketua Panitia, Kornelis Thalar, mengatakan pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia unuk pembangunan. Derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman karena perkembangan zaman selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.
“Dengan identifikasi awal kita akan dapat mempersiapkan berbagai alternatif untuk tetap menjamin penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik di  Samarinda,” ungkapnya.  (hms4).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.