. Peringatan Hari LH Bertabur Penghargaan - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Rabu, 26 Juni 2013

Peringatan Hari LH Bertabur Penghargaan



**“Malas Benahi Lingkungan, Jangan Merusak”

SAMARINDA—Tidak dipungkiri pertumbuhan ekonomi Samarinda luar biasa sebesar 6,3 persen diatas rata-rata nasional. Tumbuhnya ekonomi juga dikarenakan adanya pembangunan demi kemaslahatan. Tapi dibalik sisi positif juga ada negatifnya terutama penurunan kualitas lingkungan hidup.
“Pertumbuhan ekonomi kita bagus, imbasnya pengangguran, kemiskinan berkurang. Bidang konstruksilah yang paling banyak menyerap pekerja dan usaha ikutan lainnya, baik itu buruh pasir, buruh bata, buruh semen. Banyak pergerakan ekonomi, makanya kemiskinan berturun. Pengembang juga banyak, karena pertumbuhan ekonomi bagus, daya beli bagus, dan warga yang hampir 1 juta juga butuh rumah. Tinggal bagaimana kita melakukan pengendalian dampak lingkungannya,” tegas wali kota Samarinda H Syaharie Jaang dalam sambutannya pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup tingkat kota di halaman kantor terpadu Jl Biola, Selasa (25/6).
Yang jelas lanjut Jaang bagaimana dari kegiatan pengembang tadi dikendalikan supaya tidak mengganggu serapan air.
Selain mengendalikan di pengembang maupun pertambangan, sebutnya rumah-rumah juga memberikan kontribusi terhadap berkurangnya serapan air. “Makanya tahun depan, akan dicoba dulu program biopori di Samarinda Utara. Kalau perlu juga menjadi contoh semua pegawai di lingkungan Pemkot dan halaman kantor BLH,” imbuhnya.
Menurutnya kalau 1 rumah bisa menyerap 1.000 kubik air, maka akan lebih banyak dengan percontohan 17 ribu pegawai yang melaksanakan program biopori ditambah warga di Samarinda Utara.
“Saya berharap peringatan hari Lingkungan Hidup tahun ini dijadikan sebagai momentum perubahan kepada seluruh lapisan masyarakat menuju kualitas lingkungan hidup yang lebih baik,” tandasnya.
Sedangkan kepala BLH Samarinda Endang Liansyah mengharapkan kepada semua komponen masyarakat peduli dengan lingkungan.
“Kalau tidak mau ikut memperbaiki lingkungan, minimal tidak ikut merusak lingkungan, tidak buang sampah sembarangan, tidak buka lahan tanpa izin dan lainnya,” tegas Endang.
Sedangkan Asisten Deputy 5 bagian Penataan Hukum Lingkungan Kementerian LH Sugeng Priyanto menilai semangat luar biasa wali kota dalam membenahi kota Samarinda.
Namun diingatkannya semangat ini akan sia-sia jika tidak ada dukungan dari seluruh komponen masyarakat.
Selain dirangkai peresmian Pos Pengaduan Kasus Lingkungan juga dilakukan penyerahan sertifikat penghargaan adipura dari kepala BLH ke wali kota dan penyerahan berbagai penghargaan bidang lingkungan termasuk Kalpataru.
Tampak hadir pula Wakil Ketua DPRD Samarinda Suryadi Hidjrati, Sekkot Samarinda Zulfakar Noor dan unsure Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta jajaran pejabat Pemkot.(hms2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.