. BKP3D Gelar Pelatihan Keamanan Pangan - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Rabu, 12 Juni 2013

BKP3D Gelar Pelatihan Keamanan Pangan



SAMARINDA–Menyadari masih rendahnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap masalah keamanan pangan terutama produsen skala rumah tangga, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Daerah (BKP3D) Kota Samarinda belum lama ini melakukan pelatihan keamanan pangan bagi para kelompok tani pangan segara yang ada di Kota Samarinda.
”Hal ini kami lakukan untuk menjamin tersedianya pangan segar yang aman untuk dikonsumsi masyarakat,” ucap Kepala BKP3D Kota Samarinda Ir Ary Yasir Pilipus dalam kegiatan yang berlangsung di BPTP Propinsi Kaltim tersebut.
Dalam uraiannya Ary menjelaskan betapa pentingnya menggunakan pupuk yang sesuai anjuran, agar masyarakat terhindar dari bahaya cemaran kimia maupun mikroba yang dapat mengganggu dan membahayakan kesehatan manusia. Karena yang sering menjadi momok bagi petani sekaran ujarnya, petani cenderung mengikuti selera konsumen yang menginginkan kualitas pangan bagus secara tampilan, sehingga petani berani menggunakan bahan kimia yang kadang tidak sesuai anjuran.
Padahal dengan kondisi sayuran tidak berlubang dan berwarna hijau menawan, atau buah dengan ukuran mencolok dan mengkilap bukanlah jaminan bahan pangan tersebut sehat dan tidak membahayakan.
”Untuk itulah pentingnya pelatihan tersebut dilakukan agar bisa pula menjadi acuan bagi para petani dalam melaksanakan budidaya pangan segar, dengan memperhatikan mutu serta keamanan, bukan semata keuntungan,” pungkasnya. (Hms3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.