. Pastikan Pematangan Lahan Bukan Aktivitas Tambang - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Jumat, 24 Mei 2013

Pastikan Pematangan Lahan Bukan Aktivitas Tambang


***Ass II Jenguk Kondisi Jembatan Mahkota II

SAMARINDA-Pemerintahan Kota (Pemkot) Samarinda langsung mengambil tindakan tegas dengan menghentikan aktivitas pengerukan tanah yang mengakibatkan longsoran tanah yang dapat mengancam tiang pondasi jalan pendekat pada Jembatan Mahkota II.
“Saya minta kepada pemilik lahan berkewajiban untuk merekayasa secara teknis untuk membenahi atau mengembalikan posisi tanah agar longsoran tak terulang,” kata Asisten II Suko Sunawar disela-sela meninjau lokasi tersebut di Kecamatan Palaran, Kamis (23/05) kemarin. Suko sendiri memastikan hasil tinjauannya bersama Kepala Dinas Pertambangan Heri Suriansyah, Kepala BLH Endang Liansyah serta Kepala Bina Marga dan Pengairan Ahmad Maulana, menjelaskan kondisi terkini jembatan Mahkota II saat ini masih dalam keadaan baik. Dimana kata dia pilar-pilar dan penyanggah yang berada dibawah jembatan masih tetap dalam kondisi awal
.”Artinya tidak seperti apa yang kita bayangkan dimana kondisi pondasi pilar bergeser akibat terkena dampak-dampak lonsoran dari pematangan lahan yang ada disekitarnya,” urai Asisten II ini.
Karena memang secara kasat mata, lanjut Suko longsoran tanah hingga saat ini belum ada mengenai jembatan. Tetapi kendati demikian, dirinya juga tidak menyangkal bahwa aktivitas pengerukan lahan yang selama ini diberitakan, juga bisa saja menganggu keberadaan jembatan Mahkota II itu sendiri.
Untuk itu pihaknya akan segera melakukan langkah-langkah antisipasi selain memberi peringatan dan teguran kepada perusahaan selaku pemilik lahan tadi.
“Juga saran dari BLH dan Bina Marga agar kedepannya saluran alam yang berada dibawah jembatan untuk segera dilakukan penurapan,“ urainya.
Hal ini dimaksudkan agar saluran tersebut bisa menampung debit air lebih tinggi dari jalan. Terkait masalah aktivitas pengerukan tanah yang berada di sebelah Jembatan, Kepala Dinas Pertambangan Heri Suriansyah menyebutkan kegiatan tersebut bukan aktivitas pertambangan. Karena kata dia hingga saat ini pihaknya juga memang belum menerima izin dari kegiatan pematangan lahan dari perusahaan tersebut.
”Karena memang tidak ada kegiatan pertambangan di sekitar jembatan ini, yang ada cuma jalan menuju stok file,” kata Heri.
Kembali ke Suko, dirinya juga menambahkan pematangan lahan yang berdekatan dengan Jembatan dipastikan belum mengatongi izin.
”Tentunya Pemkot akan segera melakukan penegakan aturan terhadap kegiatan tersebut,” sebutnya.
Melihat kejadian tersebut, maka Pemerintah melalui instansi teknis akan segera memasang tanda peringatan di sekitar areal jembatan yang isinya agar tidak melakukan aktivitas pengerukan atau pematangan lahan.HMS5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.