. Bimtek SMM ISO 9001 bagi PNS - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Jumat, 24 Mei 2013

Bimtek SMM ISO 9001 bagi PNS


SAMARINDA–Terwujudnya pelayanan publik berkualitas merupakan salah satu ciri pemerintahan yang baik, dengan pemberdayagunaan aparatur negara. Untuk itu, Pemkot melalui Bagian Organisasi melakukan bimbingan teknis Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2008, bagi kalangan pegawai di lingkungan sekretariat Balaikota. 
”Perbaikan sistem ini penting, meskipun dalam hal pelayanan tufoksi pegawai di lingkungan sekretariat tidak berhadapan langsung dengan masyarakat, tapi melayani SKPD yang melayani publik,” ungkap Asisten IV Burhanudin ketika membuka kegiatan tersebut di ruang rapat utama Balaikota baru-baru ini.
Apalagi menurutnya dalam reformasi birokrasi ini perbaikan pelayanan publik menuju pelayanan prima tentunya memerlukan dukungan dan partisifasi dari semua pihak.
Untuk itu harus disambut baik adanya bimtek ini,” ujar Burhan kepada peserta sebagai upaya perbaikan pelayanan secara berkesinambungan di setiap bidang organisasi, agar bisa memberikan kepuasan bagi publik yang menikmati layanan tersebut.
Burhan menambahkan perbaikan sistem manajemen ini merupakan bagian dari pelaksanaan zona integritas yang tengah dilakukan Pemerintah Kota Samarinda.
“Dalam arti pelaksanaan tugas yang dilakukan tidak menyalahi aturan karena memiliki pedoman dalam hal ini ISO 9001:2008 yang merupakan suatu standar sistem manajemen mutu yang telah diakui secara internasional,” katanya.
Dengan sasaran akhir kata Burhan Sekretariat Balaikota dapat menjadi contoh dan motivasi SKPD dalam melaksanakan system manajemen mutu secara bertahap, dengan kata lain sekretariat akan menjadi pilot proyek bagi SKPD di lingkungan Pemkot Samarinda, karena telah mendapat sertifikat ISO 9001-2008.
Adapun lima prinsip dasar dalam pelaksanaan ISO 9001-2008 pada sebuah organisasi atau lembaga, menurut nara sumber Aji Susattia dari Galora Consultant meliputi  unsur ringkas, rapi, resik rawat dan rajin.  
Dalam hal ini kemampuan dan kemauan SDM menurut Aji adalah hal utama, karena sebagus apapun sistem dibuat apabila tidak didukung oleh kesadaran dan tanggung jawab karyawan atau pegawai tentu akan menghambat tujuan atau keberhasilan organisasi bersangkutan. (Hms3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.