. Oleh-Oleh Kunjungan Ke Kabupaten Mahakam Ulu –Bagian 2 (Habis) - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Sabtu, 25 Mei 2013

Oleh-Oleh Kunjungan Ke Kabupaten Mahakam Ulu –Bagian 2 (Habis)


*Dorong Pembangunan Mahulu, Jaang Terima Penghargaan Dari Warga

TIBA di Pelabuhan Ujoh Bilang, rombongan yang dipimpin Walikota Samarinda, Syaharie Jaang disambut langsung kakak kandung sekaligus  Pj Bupati Mahakam Ulu, MS Ruslan. Suara tepuk tangan riuh dari warga dan rombongan mengiringi pelukan hangat keduanya sambil bergegas menuju rumah lamin dimana diadakan upacara penyambutan secara adat yang kemudian dilanjutkan berfoto bersama keluarga besar kedua Kepala Daerah tersebut.
Usai kegiatan tersebut, rombongan menuju Rumah Jabatan dengan iringan pengawal lengkap dengan baju tradisional suku Dayak Bahau. Rumah Jabatan merupakan Rumah Dinas Camat Long Bagun dan berjarak sekitar5 menit dari Lamin Adat.
Ditemui setelah santap malam, Jaang mengatakan dirinya sangat senang bisa kembali ke kampung Ujoh Bilang yang berdasarkan UU No. 2 Tahun 2013 akan menjadi Ibukota Kabupaten Mahakam Ulu.
“Setelah melewati perjalanan yang cukup melelahkan tentu senang untuk kembali ke kampung halaman. Berada dekat dengan keluarga besar tentu selalu menyenangkan apalagi setelah terpisah sekian lama. Meskipun tempat kelahiran saya (Kec. Long Pahangai) masih berjarak 4 jam perjalanan dari sini (Ujoh Bilang, red),” paparnya.
Mengenai Kabupaten Mahakam ulu, Jaang berharap Mahulu dapat segera membangun di berbagai bidang terutama infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Ketiga bidang ini dipandangnya penting karena merupakan tata dasar yang harus diletakkan karena punya dampak jangka panjang yang cukup signifikan.
“Pembangunan infrastruktur meliputi jalan, transportasi, jembatan, dan bangunan. Hal ini penting, dengan infrastruktur yang baik akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk kemudahan akses, pemasaran hasil bumi, dan lainnya. Kedua, pendidikan yang maju sebagai bagian yang tidak terpisahkan agar SDM semakin baik. Karena SDM yang baik merupakan investasi jangka panjang terbaik,” paparnya.
Ketiga, lanjutnya, adalah kesehatan yang dapat dicapai dengan pembangunan program peningkatan kesehatan warga melalui puskesmas 24 jam, biaya kesehatan yang ditekan, penyiapan sanitasi dan drainase yang lancar sehingga hal ini juga akan sangat membantu 27 ribu lebih warga Mahulu untuk memiliki lingkungandan pola hidup yang bersih serta sehat.
Selain ketiga hal diatas, pemerintah juga nantinya perlu perlu membangun kerjasama dengan PLN agar listrik dapat menyala 24 jam, dan PDAM agar layanan air bersih dapat dinikmati warga.
“Hal yang saya sampaikan diatas tentu prosesnya panjang. Tetapi dengan komitmen, tentu semuanya dapat dijalankan dengan baik. Terlebih, beliau adalah orang asli daerah sehingga mengerti kebutuhan yang mendasar warga di Mahulu ini. Hal ini juga dimudahkan dengan diberikannya bantuan selama dua tahun anggaran, yaitu Rp 620 miliar dari APBD Prov Kaltim dan APBD Kabupaten Kutai Barat,” paparnya.
Syukuran atas peresmian Mahakam Ulu dan Pelantikan Pj Bupati Makaham Ulu pun dilaksanakan keesokan harinya yang diawali dengan misa yang dipimpin Uskup Keuskupan Agung Samarinda, Mgr  Sului Florentinus, MSF. Usai Misa, kegiatan dilanjutkan dengan Perayaan yang dibuka berbagai tari-tarian dan dihadiri Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, Ketua DPRD Kaltim Mukmin Feysjal dan beberapa petinggi daerah lainnya di Kaltim.
Acara tersebut berlangsung hingga malam hari di mana Walikota Samarinda, Syaharie Jaang beserta tokoh masyarakat yang dianggap berperan penting terhadap terwujudnya Kabupaten Mahakam Ulu mendapatkan penghargaan dari masyarakat setempat. (HMS4).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.