. Heterogenitas Tinggi, Bukan Halangan - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Sabtu, 25 Mei 2013

Heterogenitas Tinggi, Bukan Halangan


**Semangat HBS RT 59 Sempaja Perum SLI

SAMARINDA—Warga perumahan Sempaja Lestari Indah (SLI) RT 059 tak ingin kalah dengan warga yang menggiatkan program Hijau Bersih Sehat (HBS) beberapa tahun ini. Meski dengan tingkat heterogenitas tinggi di sebuah perumahan, ternyata bisa mewujudkan program HBS.
“Semangat HBS menghidupkan kembali budaya gotong royong dan kepedulian antar warga. Hal ini penting mengingat lingkungan RT 59 adalah perumahan dengan tingkat heterogenitas yang tinggi. Banyak pejabatnya, pengusaha, aktifis, anggota dewan, tapi alhamdulillah kami bisa bersama membangun bersatu peduli membangun HBS,” ucap ketua RT 059 Sempaja Selatan Supardi kepada media ini seusai penilaian tim HBS belum lama ini.
Dikatakannya, HBS hanya sarana, namun hakikatnya kebersihan dan kesehatan adalah kebutuhan dasar warga di lingkungan perumahan dengan terdiri 65 Kepala Keluarga yang mayoritas PNS dan pegawai swasta.
“Dengan kebersamaan yang diselimuti heterogenitas tinggi, kami bisa membuat taman di lahan-lahan kosong, taman tanaman obat keluarga (Toga), pembuatan kompos sebagai nuansa hijau dan sehatnya,” sebutnya.
Juga lanjutnya, untuk mempercantik lingkungan mereka membuat marka dan pengecatan jalan, penambahan lampu penerangan jalan umum, termasuk peyediaan bak sampah di masing-masing rumah dan fasilitas umum.
“Ini terlaksana dengan kerja bakti massal secara periodik dan tentunya ada tekad kuat dari warga menciptakan lingkungannya yang HBS. Kita juga memasang spanduk pesan-pesan kebersihan dan kesehatan,” katanya.
Selain itu upaya menumbuhkan kebersamaan, sebutnya dilakukan pula pengaturan giliran ronda tiap malam minggu, walaupun sudah petugas keamanan khusus di perumahan.
Ia menambahkan fasilitas umum yang ada di lingkungan mereka, diantaranya masjid, puskesmas pembantu, posyandu, lapangan bulutangkis, Taman Kanak-kanak, TPQ/PAUD, Poskamling dan Gazebo.
“Apapun hasil penilaian HBS nantinya, bagi kami hikmah yang paling kita syukuri adalah terbinanya kebersamaan dan keguyuban di antara warga RT 59. Terima kasih kepada tim penilai atas kunjungan, juga kepada Bapak Wali Kota H Syaharie Jaang pernah juga datang ke perumahan dan berkeliling, ini semakin memberi suntikan motivasi bagi kami melaksanakan HBS,” pungkas Supardi.(hms2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.