. Tahun Depan, Pemkot Siap Cetak Soal UN Sendiri - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Kamis, 18 April 2013

Tahun Depan, Pemkot Siap Cetak Soal UN Sendiri

SAMARINDA- Pendistribusian soal UN untuk tingkat SMA/SMK di Samarinda  yang dianggap berlarut-larut menurut Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang sebagai langkah  yang memalukan. Karena mencoreng harga diri bangsa di dunia pendidikan. Melihat kejadian itu akhirnya Wali Kota Samarinda mengambil keputusan untuk menunda kembali pelaksanaan UN di Samarinda.
”Coba anda lihat sendiri, soal yang baru tiba hari ini hanya 68 persen, artinya masih ada 31 Sekolah yang belum menerima soal ujian,”tegas Syaharie.
Akibat permasalahan soal UN yang berlarut-larut membuat Wali Kota akhirnya turun tangan melakukan pengecekan langsung pendistribusian UN yang baru tiba di SMPN 1, Rabu (17/04) pagi kemarin, yang mana sebelumnya tidak pernah terjadi.
Bahkan Syaharie lebih memilih untuk berkantor setengah hari di  sekolah yang terletak di Jl Bhayangkara tersebut, untuk memastikan soal-soal ujian yang dianggap kurang kiriman dari pusat.
”Satu malam saya tidak bisa tidur hanya memikirkan soal ujian yang belum tiba di Samarinda,” keluhnya. 
Bahkan gara-gara soal UN, dia mengakui putrinya sendiri berprasangka akibat diundurnya pelaksanaan UN di Samarinda karena kebijakan Walikota.
”Anak saya sendiri sampai mempertanyakan dan mengira ayahnya yang melakukan pengunduran UN di Samarinda. Coba anda bayangkan.” urainya.
Untuk itu, karena ketidak pastian mengenai kelengkapan soal, hingga akhirnya kamis (hari ini,red) tidak akan ada ujian.
“Tidak ada soal, apa yang mau dikerjakan? Kalau ada yang ujian, saya pecat kepala sekolahnya beserta Kepala Diknas Samarinda," tegas Syaharie.
Melihat kejadian itu, tentu sambung dia akan menjadi keresahan bagi para pelajar dan juga orangtua murid.
“Tahun depan Pemkot melalui dana APBD sendiri siap untuk mencetak soal ujian, karena kita tidak ingin masalah ini terulang kembali,” katanya.
Terpisah, Kepala Perwakilan Kaltim Ombudsman RI  Chandra mengatakan langkah yang diambil Walikota Samarinda dengan mengundur kembali pelaksanaan UN merupakan hal yang tepat.
”Sekarang kalau soal ujiannya belum ada, apa yang mau dikerjakan para siswa,” ungkapnya seraya membetulkan statmen Walikota.
Dia menambahkan, carut marutnya pendistribusian soal UN di Kaltim, pihak akan segera mengirimkan surat ke presiden untuk menegur secara langsung pihak-pihak yang berkaitan dengan soal UN.
Menurut data yang dikeluarkan Diknas Samarinda, hingga kemarin ada 13 SMA, 12 MA dan 2 SMK yang belum mendapatkan soal UN ditambah 618 siswa Paket C yang tidak terima sama sekali.(HMS5) 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.