. “Hari Pusaka” Pakai Baju Sarung Samarinda - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Kamis, 18 April 2013

“Hari Pusaka” Pakai Baju Sarung Samarinda



Tahukah Anda bahwa saat ini dunia memiliki satu hari yang akan diperingati bersama sebagai hari pusaka dunia (World Heritage Day). Hari itu adalah tanggal 18 April, yang diperingati setiap tahun sejak tahun 1983 dimana UNESCO mengukuhkan sebagai International Day for Monuments and Sites.
“Jadi untuk pertama kali kami bersama-sama JCI Kaltim dan Remaja Batik Samarinda akan memperingatinya dengan membuat acara sederhana pada tanggal 18 April (hari ini red.) di Masjid Shirathol Mustaqim Samarinda Seberang” kata HM. Faisal Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo kota Samarinda.
“Kami rayakan sederhana dengan menggelar beberapa atraksi seni budaya, lomba mewarnai, diskusi budaya, fashion batik & sarung samarinda, pemberian penghargaan kepada pengrajin dan lain-lain, yang nanti akan kami share rekamannya dengan rekan-rekan lain di seluruh Indonesia yang merayakan.” lanjutnya
Tujuan acara ini adalah untuk membangun kepedulian publik tentang keanekaragaman dan sekaligus kerentanan monumen-monumen dan situs pusaka yang tersebar di seluruh dunia.
“Perlu ada ajakan terus-menerus untuk memperkuat upaya pelestarian dan perlindungan pusaka. Oleh karennya Hari Pusaka Dunia pun ditetapkan sebagai salah satu ajang untuk menggalang kekuatan jejaring pelestari se-dunia. Untuk di Samarinda tahun ini kita coba kenalkan dan upaya terus menjaga serta melestarikan Masjid Shirathal Mustaqim yang telah berumur lebih 3 abad itu” terang Faisal kepada media.
 “Kemudian kita juga buat edaran himbauan yang ditandatangani Bapak Walikota pada hari Kamis tanggal 18 April 2013, seluruh pegawai dilingkungan Pemkot Samarinda maupun di instansi vertikal dan swasta untuk dapat menggunakan pakaian kerja bermotif sarung samarinda, sebagai bentuk penghargaan yang tinggi terhadap pusaka mahakarya yang berasal dari kota kita.”  ujar mantan Kabag Humas ini.
Untuk diketahui pada 18 April 2012 lalu, peringatan Hari Pusaka Dunia di Indonesia dipusatkan di kompleks Candi Borobudur  dan  tahun 2013 ini di kawasan pusaka Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur.
“Adapun tema untuk tahun 2013 adalah Pusaka untuk Kesejahteraan Rakyat atau Heritage for Community Welfare” pungkasnya. (TD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.