. Wisata Religi (2) : Masjid Islamic Center - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Minggu, 31 Maret 2013

Wisata Religi (2) : Masjid Islamic Center


*** Masjid Tiga Presiden

Masjid Islamic Center terletak  di kelurahan Teluk Lerong Ulu Samarinda, merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal, sehingga tak salah bila bangunan ditepian Mahakam  ini menjadi Trade Mark kota Samarinda, "Masjid ini menaranya terinspirasi dari Masjid Nabawi Madinah sedangkan Kubahnya diilhami dari masjid Haghia Sophia Istambul  dan di sekeliling bangunan sengaja ditanam pohon kurma sebagai peneduh bercirikan khas Timur Tengah." kata HM Faisal Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata & Kominfo kota Samarinda.
Masjid yang memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi dan luas bangunan penunjang 7.115 serta luas lantai basement 10.235 berdiri dilokasi ex lahan milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Propinsi Kaltim, "Untuk lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai balkonnya 5.290 meter persegi." lanjutnya.
Hebatnya lagi, masjid ini memiliki 7 menara terdiri dari sebuah menara utama setinggi 99 meter yang bermakna asmaul husna  atau nama-nama Allah yang jumlahnya 99, "Kemudian ada empat menara penjuru setinggi 70 meter dan dua menara gerbang di sisi kiri-kanan pintu gerbang utama setinggi 57 meter menandakan 6 rukun iman. Terdapat pula Bedug dengan diameter 1,8 meter " Faisal menjelaskan
Kemegahan  masjid Islamic Center sangat terasa  bila kita memasuki lantai utama sebagai ruang sholat, "Disini mampu menampung 20.000 jamaah dengan material lantai dari granit pilihan tersusun rapi sesuai shaf dengan lampu-lampu hias yang luar biasa.  Untuk menaiki bangunan utama mesjid disusun 33 anak tangga yang mewakili jumlah biji tasbih dalam amalan kita beribadah." terang mantan Kabag Humas ini.
Sedangkan di halaman depan yang disebut Plaza Dalam dan Plaza Luar mampu menampung jamaah sebanyak 10.000 jamaah, "Dan di lantai dasar sebagai Ruang Multipurpose menampung 5.000 orang. Untuk areal parkir basement kapasitas 200 mobil dan 138 sepeda motor serta  disamping kiri, kanan dan sisi belakang masjid dapat untuk 391 mobil dan 430 sepeda motor." lanjutnya.
Paling istimewa, masjid ini dibangun selama jabatan 3 Presiden RI, masing-masing pada saat perencanaan pembangunan di masa Presiden KH Abdurrahman Wahid, kemudian meresmikan pemancangan tiang utama pada tahun 2001 oleh Presiden  Megawati Soekarno Putri, "Lalu akhirnya yang meresmikan secara menyeluruh adalah Presiden  Soesilo Bambang Yudoyono pada tanggal 16 Juni 2008. Sehingga masjid ini juga dikenal dengan gelar masjid tiga presiden." 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.