. Pastikan Pelayanan Jamkesda Tetap Jalan - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Jumat, 01 Maret 2013

Pastikan Pelayanan Jamkesda Tetap Jalan



**Wawali Juga Jenguk Ifan Wahyuda di RSU AW Syahranie

SAMARINDA-Memastikan pemberian pelayanan memuaskan kepada masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang  terus lanjut tahun 2013. Wakil Walikota H Nusyirwan Ismail, Kamis (28/02)  kemarin secara mendadak mengunjungi RSU AW Syahranie.
Selain mengontrol proses  di loket khusus pelayanan asuransi Jamkesda, kunjungan Wawali pagi itu juga untuk melihat perkembangan proses penyembuhan salah satu pasien yang sedang mengidap penyakit langka.
Pasien itu Ifan Wahyudi, bocah 13 tahun yang alergi terhadap sinar matahari. Ia kini menjalani perawatan khusus anak di ruang Cempaka.
"Ini penyakit kelainan pada kulit, dan bisa bermutasi berubah menjadi tumor ganas," kata dokter Dadik Agus Sanyoto, selaku dokter yang menangani Ifan.
Wawali menambahkan, pasien yang bersangkutan saat ini mendapat pelayanan khusus melalui Jamkesda. Kehadiran dirinya bersama unsur dari DKK Samarinda dalam rangka memberi support pasien dan keluarganya.
”Jadi saya pastikan semua biaya perawatannya ditanggung Pemkot, yang hingga sekarang pelayanannya tetap terus berjalan,” ujar Wawali didampingi Wakil ketua Tim Penggerak PKK Samarinda Sri Lestari.
Ia bangga mengingat orangtua pasien termasuk pemegang kartu Jamkesda. "Ini juga satu bukti bahwa warga yang memiliki Jamkesda pun dilayani sangat baik oleh tim dokter," katanya.
Apabila dikemudian hari si pasien nantinya harus  dirujuk untuk mendapatkan perawatan yang lebih intens di rumah sakit luar daerah, maka pemerintah siap membantu asal sesuai koridor dari Jamkesda itu sendiri.
”Ini penyakit langka, dan setidaknya bisa menjadi pembelajaran bagi para dokter untuk lebih mengetahui cara sistem penanganan penyembuhan apabila ditemukan kasus yang sama,” tegas Nusyirwan.
Terkait pelayanan Jamkesda di RSU AWS, ia mengakui sangat puas dan bisa berjalan sesuai harapan. Memang kata dia, ada prosedur yang harus tetap diikuti masyarakat apabila ingin memanfaatkan Jamkesda ini.
Sekretaris DKK  Samarinda drg Rustam mengatakan dari pagu anggaran Rp 47 miliar yang disiapkan pemerintah untuk pelayanan Jamkesda selama perjalanan tahun 2012, telah terserap hingga Desember berkisar di Rp 36 miliar.
”Berarti ada sisa  Rp 11 miliar yang akan kita kembalikan ke kas daerah,” kata Drg Rustam didampingi Kasi SDM Regulasi dan Jamkesmas Dr Ismed Kosasih.(HMS5)   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.