. Dekranasda Lakukan Evaluasi - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Senin, 11 Februari 2013

Dekranasda Lakukan Evaluasi



SAMARINDA–Setelah sepuluh bulan dicanangkan Presiden RI, Dekranasda Berseri melalui rencana pengembangan Kampung Tenun  di kawasan Samarinda Seberang pekan lalu melakukan rapat evaluasi terkait pekerjaan apa saja yang telah dilakukan sepanjang tahun 2012 lalu serta rencana kegiatan tahun 2013 ini, guna mendukung terwujudnya Kampung Tenun sebagai destinasi nasional.
“Karena sesuai harapan kita bersama pengembangan kawasan Samarinda Seberang sebagai sentra produksi kerajinan sarung ini, tidak saja sebagai pengembangan potensi wisata, sekaligus upaya meningkatkatkan harkat dan martabat kehidupan pengrajin sarung tenun di Kota Samarinda, khususnya lagi di kawasan Samarinda Seberang,” ucap Asisten II Suko Sunawar ketika memimpin pertemuan tersebut di ruang rapat wakil walikota bersama dengan Hj Puji Syaharie Jaang selaku Ketua Dekranasda Kota Samarinda serta beberapa pihak terkait lainnya.
Sesuai paparan dari pihak konsultan beberapa pekerjaan yang sejauh ini telah dilaksanakan di kawasan tersebut diantaranya pembangunan akses jalan di kawasan RT 02 menuju lokasi perumahan warga pengrajin, ditambah pengadaan fasilitas MCK dan gajebo di rumah sentra produksi yang terletak di Jl P.Bendahara tersebut.
Namun sesuai kebutuhannya masih menurut keterangan pihak konsultan ada permintaan  pengrajin agar dapat dibuatkan pelataran penjemuran untuk 8 titik lokasi.
“Hal inilah yang perlu kita bahas bersama dalam upaya perwujudannya,” tambah Suko. Disamping persoalan fasilitas keberadaan rumah sentra produksi sarung tenun juga ikut dibahas dipertemuan tersebut, yaitu terkait masalah keamanannya, dimana dalam hal ini direncanakan akan dicarikan tenaga pengawas atau petugas keamanan.
“Apakah nantinya melalui pengangkatan tenaga PTTH yang jelas harus ada petugas keamanan untuk rumah tersebut,” katanya.
Sementara melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo rencananya untuk mendukung percepatan pengembangan kampung tenun  pada tahun 2013 ini akan dilakukan kegiatan fasilitas fisik baik pada dalam maupun luar rumah sentra produksi, sedangkan melalui Disperindag akan dilakukan kegiatan penyaluran bantuan alat dan pelatihan bagi pengrajin.(hms3)              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.