. Jalan Mulus Poros Lempake Jadi Kenyataan - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Kamis, 18 Oktober 2012

Jalan Mulus Poros Lempake Jadi Kenyataan

Akhirnya mimpi ini terwujud. Tidak menyangka, kami warga Lempake bisa menikmati jalan mulus di jalan poros keluar masuk setiap hari. Impian ini sudah bertahun-tahun, Alhamdulillah mulai tahun lalu sudah mulai dikerjakan dan sekarang bisa dinikmati.
Demikian ungkapan bahagia bercampur masih tidak percaya yang disampaikan Ponidi, salah satu petani kelurahan Lempake Samarinda Utara.
“Dulu dengan kondisi jalan yang rusak, kita harus melalui secara berhati-hati, apalagi sambil membawa hasil tani. Tapi sekarang jalan sudah mulus, seperti mimpi-mimpi kami yang menjadi nyata,” ungkap Ponidi yang pernah menginjakan kaki ke Istana Merdeka setelah menjadi juara propinsi kontes pohon beberapa tahun silam.
Namun Ponidi juga menyampaikan harapan masih tersisa lagi jalan poros yang belum disemen, yakni di Muang Lempake. “Tapi katanya akan dilanjutkan lagi, apakah akhir tahun ini atau tahun depan,” imbuhnya.
Terpisah Wakil Wali Kota Samarinda Nusyirwan Ismail mengemukakan, akses jalan mulus itu adalah hak semua warga, apakah mereka yang tinggal di daerah pusat perkotaan, maupun yang di daerah pinggiran terlebih lagi wilayah pertanian.
“Kami berdua dengan wali kota sudah komitmen membangun jalan, meskipun di tahun awal tidak sebesar sekarang anggarannya karena memang kita masih ada tanggungan pihak ketiga yang harus diselesaikan. Jadi kami mohon pengertian dan dukungan warga, termasuk saat pelaksanaan pekerjaan hingga memeliharanya,” ucap Nusyirwan ketika secara spontan mengunjungi jalan poros Lempake bersamaan dengan agendanya di Tanah Merah.
Nusyirwan pun mengatakan jalan di Muang Lempake kembali akan disemen, bahkan rencananya sudah sampai ke jalan poros menuju Gunung Lingai. “Jalan ini menjadi urat nadi pemasaran hasil pertanian sehingga jalan ini layak dijadikan prioritas. Karena dari sudut pandang ekonomi, jalan mulus akan membuat kelancaran bagi warga saat mengangkut panen sayur mayur, serta bahan pakan lain keluar masuk Lempake,” tandasnya.
Hal ini dibenarkan kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Samarinda Akhmad Maulana. “Dari tahun 2011 kita sudah membangun jalan cor di poros Lempake sepanjang 2,2 Km, dan tahun ini dengan Muang Lempake sepanjang 800 meter. Jadi totalnya 3 Km,” beber Maulana.
Tidak sampai di poros Lempake saja, lanjut Maulana di tahun 2013 pun diusulkan pembangunan poros Lempake menuju Gunung Lingai. “Yang jelas sesuai komitmen Pemkot dan arahan wali kota maupun wakil wali kota, bagaimana kita membangun di daerah yang prioritas karena memang sudah harus dibangun, bukan karena sesuatu hal atau membangun jalan yang di kota-kota saja,” tandasnya.
Menurutnya jalan poros Lempake yang sudah mulus ini suatu bukti Pemkot tidak hanya membangun di kota-kota saja, bahkan tahun ini di Palaran pun banyak dibangun jalan semen.(hms2)
 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.