. Bina Koperasi, Tak Melulu Pembiayaan - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Kamis, 11 Oktober 2012

Bina Koperasi, Tak Melulu Pembiayaan

**73 Koperasi Ikuti Gathering Mitra BSM

Upaya memajukan koperasi yang secara tidak langsung juga mewujudkan Samarinda sebagai kota Penggerak Koperasi dalam ikut mendukung tercapainya Kaltim sebagai propinsi penggerak koperasi tahun 2013, terobosan juga dilakukan Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Samarinda yang tidak hanya mendukung pembiayaan alias permodalan saja.
“Gathering Koperasi Mitra BSM Samarinda merupakan aplikasi dan bagian dari kebijakan dasar pembinaan bagi koperasi dan UMKM dalam rangka menumbuhkembangkan iklim usaha yang kondusif dan mengembangkan kapasitas dan kapabilitas agar menjadi pelaku bisnis handal,” ungkap kepala Dinas Koperasi dan UKM Samarinda DR Islansyah ketika membuka kegiatan yang diikuti 73 koperasi di Hotel Mesra Internasional, Rabu (10/10).
Islansyah mengakui, koperasi dan UMKM masih belum mampu menempatkan posisinya sebagai sarana usaha sekaligus pelaku bisnis yang mampu bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya.  Dikatakannya, salah satu jawaban untuk meningkatkan kemampuan koperasi  dan UMKM adalah melalui perkuatan modal dan pendidikan serta pelatihan yang terus menerus dan berkelanjutan.
“Di sinilah peran stake holder, khususnya BUMN/Perbankan sebagai mitra pemerintah agar dapat berperan secara aktif guna menumbuh kembangkan serta memberdayakan usaha ekonomi,” tandasnya.
Terhadap peserta gathering, diantaranya KPN Balaikota, Komura, KSP Mitra Pariwara, Islansyah mengingatkan pentingnya kesadaran dan solidaritas yang mantap serta mempunyai sikap mental yang tahan uji, yang diperlukan bagi setiap pelaku usaha serta mempunyai jiwa juang sebagai wirausaha tangguh dan mandiri.
Sebelumnya kepala cabang BSM Samarinda Agung Trisnoyuwono mengatakan gathering kemarin tidak lain untuk meningkatkan silaturahim yang sudah terjadi dan kerjasama yang ada pun bisa ditingkatkan.
“Selama ini, koperasi bekerjasama dengan perbankan condong ke pembiayaan. Kita di BSM ada 3 pola pembinaan mitra koperasi, jadi tidak melulu memperkuat permodalan saja,” ungkap Agung.
Tiga pola itu, rinci Agung, Mitra BSM melalui program Pembiayaan Koperasi untuk Para Anggotanya (PKPA), mitra gadai dan mitra pembiayaan pemilikan rumah (PPR).
“Koperasi bisa menjadi agen mitra gadai maupun mitra PPR. Kalau ada anggotanya yang menggadaikan emas atau lainnya, bisa diarahkan ke BSM, atau ada yang mau memiliki rumah. Kita dari BSM akan memberikan fee bagi koperasi, jadi hanya condong ke permodalan saja,” pungkasnya.(hms2)
 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.