. 4.628 Anak TK Ikuti Manasik Haji - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Kamis, 18 Oktober 2012

4.628 Anak TK Ikuti Manasik Haji

Sedikitnya sekitar 4.628 siswa taman kanak-kanak di Masjid Islamic Rabu (17/10) kemarin mengikuti manasik haji massal garapan bersama IGTKI, GOPTKI dan BPTKI Samarinda. Bahkan bukan hanya dari Samarinda saja, kali ini Kecamatan Sanga sanga Kutai Kartanegara pun ikut bergabung bersama.
”Ibadah haji ini memang mempunyai kekhususan dengan pelaksanaan ibadah lainnya, karena selain harus memiliki ilmu harus diimbangi pula dengan kesiapan fisik, mental hingga ekonomi,” imbuh Asisten III Setkot Ridwan Tassa ketika membuka kegiatan tersebut.
Oleh karenya memang perlu menurut dia dilakukan pemahaman lebih awal kepada kaum muslim, khususnya anak-anak dalam tata cara pelaksanaannya.
Dilakukan kegiatan manasik haji cilik ini menurut Ridwan lagi bukannya tanpa tujuan, mengingat daya rekam pada usia tersebut yang cukup kuat sehingga apabila setelah dewasa nanti mereka berkesempatan untuk benar-benar melaksanakan ibadah rukuh Islam kelima tersebut, setidaknya sudah ada bayangan bagaimana tata cara pelaksanaannya. 
”Selain itu pula untuk lebih mempertebal keimanan anak-anak sebagai generasi muda penerus kita, karena apa yang kita hadapi saat ini tentu akan berbeda jauh dengan apa yang akan mereka hadapi nantinya,” katanya.
Senada dengan Ridwan, ketua pelaksana Tatik Iswani menambahkan dilakukannya manasik haji cilik ini selain untuk mengenalkan tata cara ibadah rukun haji dimanfaatkan pula sebagai sarana menanamkan pendidikan agama secara umum.
Menurut Tatik  dari jumlah 4.628 tersebut, 4.368 diantaranya berasal dari Kota Samarinda. ”Selebihnya asal Kecamatan Sanga-sanga, seluruh jamaah haji cilik ini dalam pelaksanaannya di bagi dalam 178 kloter,” jelasnya. (Hms3).         
 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.