. Sarung Samarinda Bidik Pasar Nasional - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Senin, 09 September 2013

Sarung Samarinda Bidik Pasar Nasional



SAMARINDA--Sambutan dan apresiasi tampak pada senyum Walikota dan Wakil walikota berserta istri masing-masing usai menghadiri acara Kemilau Sarung Samarinda yang digagas Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Informasi Komunikasi Kota Samarinda bekerja sama dengan Dewan Kesenian Daerah Kota Samarinda, di Samarinda Central Plaza, Sabtu (7/9) malam lalu.
Dalam sambutannya, walikota Samarinda H Syaharie Jaang mengatakan sebagai produk tenun lokal yang telah dikenal luas karena mutu dan kualitasnya, maka sudah selayaknya produsen sarung samarinda membidik pasar yang lebih luas.
“Sarung Samarinda sebagai produk tenun asli Samarinda sudah punya nama karena mutu dan kualitasnya yang terjamin. Karena itu, harus terus dikembangkan dan dipasarkan secara luas. Hanya saja mungkin perlu kreativitas dari pada designer sehingga modelnya menjadi lebih beragam seperti yang digagas dalam kegiatan ini,” ucapnya.
Menurutnya kegiatan Kemilau Sarung Samarinda merupakan salah satu agenda pariwisata yang penting di Kota Samarinda dalam rangka untuk melestarikan dan mendorong salah satu produk lokal untuk semakin dikenal sekaligus memberdayakan masyarakat. Melalui kegiatan ini juga digali potensi generasi muda Samarinda dalam bidang design dan modeling sehingga minat dan bakatnya tersalur secara positif.
“Pengembangan produk Sarung Samarinda tentu akan memberi banyak dampak positif, utamanya dalam rangka promosi wisata kota Samarinda sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya penenun. Selain itu minat bakat anak-anak muda di Samarinda juga harus didorong untuk maju agar terus berkarya dan inovatif,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Samarinda, Hj Puji Setyowati mengatakan ini patut diapresiati karena telah memberi ruang bagi para designer lokal untuk mengembangkan kreativitas sehingga produk Sarung Samarinda tidak bersifat monoton, tetapi lebih berwarna dengan corak yang beragam.
“Kegiatan ini tentu sangat baik karena potensi designer lokal juga turut digali sehingga karya mereka juga dapat dinikmati masyarakat luas. Dan yang lebih penting semakin memperkaya corak yang dimiliki sarung Samarinda tanpa menghilangkan ciri khas yang ada, seperti motif tambangan, pesut, dan sungai Mahakam,” paparnya.
Lebih lanjut disampaikannya bahwa 6 design yang terpilih pada Kemilau Sarung Samarinda 2013 ini akan diimplementasikan pada baju batik pegawai Pemkot Samarinda.
“Selain sarung Samarinda, kita juga menggali potensi batik Samarinda. Nah, kalau kita perkirakan jumlah pegawai Pemkot Samarinda sepuluh ribu lebih, maka sejumlah itu juga batik Samarinda yang akan beredar, dan tentunya akan menular. Minimal kepada lingkungan tempat tinggal,” ucapnya.
Kedepan dirinya telah meminta kepada Walikota agar kerajinan sarung Samarinda terus diikutsertakan dalam beragam even regional dan nasional agar semakin dikenal luas. (HMS4).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.