. Giliran Disciptakot Gandeng PKP2A III LAN - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Senin, 30 September 2013

Giliran Disciptakot Gandeng PKP2A III LAN



**Belajar Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP)

SAMARINDA-Setelah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Samarinda, kini giliran Dinas Cipta Karya dan Tata Kota  mengandeng PKP2A III LAN Kaltim untuk belajar penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlangsung  Jumat (26/09) lalu di balaikota.
Terobosan ini menurut Kepala Disciptakot Samarinda Hero Mardanus bertujuan untuk memudahkan pelaksanaan pekerjaan di instansinya agar bisa mencapai maksimal. Tak khayal dalam kesempatan itu sebanyak 70 pejabat struktural dan staf dari Disciptakot diwajibkan mengikuti Sosialisasi penyusunan SOP AP (Administrasi Pemerintahan) yang disampaikan oleh salah satu pegawai dari PKP2A III LAN Kaltim.
”Sebenarnya yang terpenting dari maksud  penyelenggaraan penyusunan SOP ini karena kita ingin mengedepankan strategis dari reformasi birokrasi dalam hal peningkatan pemberian pelayanan publik,” kata Hero.  
Kendati Dinasnya mengurusi masalah teknis, tetapi lanjut dia tak sedikit  pula yang berkenaan dengan masayarakat dalam memberikan pelayanan.
”Seperti pelayanan dalam memberikan rekomendasi  izin mendirikan bangunan hingga informasi terkait lelang,” ungkapnya.
Hal itu yang mendasari perlunya penyusunan SOP di Disciptakot.  Ia berharap dari hasil belajar tadi, setidaknya bisa dijadikan sebagai alat ukur pencapaian kinerja diintasinya, sehingga didalam perjalanannya nanti harapan mengedepankan kualitas pelayanan publik yang lebih profesional, cepat dan mudah bisa tercapai.
Sementara, Kepala PKP2A III LAN Kaltim Meliana mengutarakan sudah menjadi keharusan seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Samarinda dalam menjalankan tugasnya  harus berpacu kepada Standar Operasional Prosedur (SOP).
Karena kata dia SOP ini sangat berpengaruh terhadap penilaian BPK mengenai Laporan Hasil Keuangan disebuah Pemerintahan.
”Saya jamin kalau semua SKPD bisa menerapkan SOP di masing-masing perangkat kerja, tak menutup kemungkinan  kedepan WTP bisa saja diraih Pemkot Samarinda,” sebut Mantan Kasub Protokol Pemprov ini.
Dia menambahkan, tak hanya berkerjasama dalam hal penyusunan SOP, Intansinya juga telah melakukan penandatangan MOU kerjasama bersama Walikota Samarinda selama lima tahun mengenai peningkatan SDM PNS dilingkungan Pemkot Samarinda melalui rekuitmen dengan system lelang jabatan.”Karena kerjasama ini kita lakukan tujuannya sebagai langkah persiapan menuju tahun 2014 untuk menciptakan  pegawai yang harus mempunyai sasaran kinerja perorangan dimasing-masing tupoksinya,”kata Meliana.HMS5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.