. Dasawisma 10 Kecamatan Kembali Diaktifkan - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Jumat, 27 September 2013

Dasawisma 10 Kecamatan Kembali Diaktifkan



**Dianggap Membantu Program Pemkot Samarinda
 
SAMARINDA-Dalam membantu program Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dalam pendataan warga yang tujuannya sebagai langkah peningkatan kesejahteraan masyarakat, PKK Kota Samarinda kembali membentuk dan menghidupkan kelompok Dasawisma di sepuluh Kecamatan.
Sebanyak tujuh orang dari tim TP PKK Samarinda terhitung sejak Rabu lalu hingga lima hari kedepan akan turun ke sepuluh kecamatan guna melakukan pembinaan sebagai langkah awal sebelum pembentukan dasawisma di masing-masing kecamatan.
”Sejak Rabu kemarin tim kami sudah terjun ke lapangan, untuk menberikan panduan pembentukan Dasawisma di kecamatan mulai dari pembuatan struktur pengurus hingga ke urusan Administrasi,” kata Dayang Kartini selaku Sekretaris TP PKK Samarinda ketika ditemui media ini kemarin (26/09).
Dia menjelaskan pengertian dari Dasawisma sendiri adalah merupakan bagian dari kelompok ibu-ibu yang berasal dari 10 sampai 20 rumah di satu wilayah kecamatan yang bertetangga. Dimana dalam kegiatannya nanti jelasnya akan diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga dengan mengedepankan 10 program PKK diantaranya kesehatan, pendidikan, perilaku hidup bersih dan sehat serta tak ketinggalan usaha peningkatan pendapatan keluarga.
”Jadi harus diakui peranan dari dasawisma ini sangat penting karena walaupun sekelompak kecil anggotanya tetapi ada seseorang yang harus bertanggung jawab untuk memantau kondisi rumah tangga yang lain,”Urainya.
Dia mengakui hingga saat ini memang sudah ada terbentuk Dasawisma di sebagian kecamatan, tetapi sayangnya lanjut Dayang dalam pengurusannya banyak yang tidak mengerti hal apa yang harus dilakukan pada saat berjalan.
”Untuk itu di kesempatan ini kami ingin menekankan prinsip dari dasawisma adalah melakukan pengawasan dan pemberdayaan hingga ke masyarakat bawah dan menyentuh unit masyarakat terkecil yakni keluarga,”Jelasnya.
Karena sesuai arahan dari ketua TP PKK Samarinda Puji Setyowati bahwa kelompok dasawisma merupakan salah satu wadah yang sangat potensial yang ada di akar rumput gerakan PKK dimana juga sebagai wadah untuk melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembinaan sikap mental khususnya bagi remaja.
Termasuk sebagai wadah juga penanggulangan kekerasan dalam rumah tangga dan perdagangan anak.
”Jadi agar bisa berjalan nantinya, dalam pembinaannya di kecamatan serta mempermudah ruang kerjanya, maka PKK disetiap RT harus dibagi minimal 3 dasawisma dan apabila sudah terbentuk, kelompok ini akan kita sarankan untuk rutin melakukan pertemuan setiap satu bulan sekali guna membahas program yang sudah dijalankan selama sebulan,”sebutnya.HMS5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.