. Siapkan Perda Wajib Baca Al Quran - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Senin, 22 Juli 2013

Siapkan Perda Wajib Baca Al Quran



**Sudah berupa Draf, Tinggal Kajian Akademisi

SAMARINDA--Pemerintah Kota Samarinda beberapa tahun ini sedang menyiapkan Perda Wajib Baca Al Quran bagi anak sekolah guna membentuk dasar keimanan bagi generasi penerus bangsa dalam menghadapi pengaruh negatif lingkungan dan tetap terbangun akhlaknya.
"Investasi SDM tidak sehari dua hari, kalau memperbaiki jalan rusak sebentar aja. Jika anak sudah memahami bacaan Al quran diyakini mereka akan memiliki pembekalan keimanan sehingga diharapkan bisa menangkal pengaruh negatif lingkungan," ucap Wali Kota Samarinda H Syaharie Jaang dalam rangkaian Safari Ramadan di Loa Janan Ilir, Harapan Baru, Jumat (19/7).
Wali Kota mengatakan saat ini Perda itu sudah berupa draf di DPRD Samarinda.
Menurutnya Perda ini penting guna membentuk mental dan akidah peserta didik agar bisa lebih berdaya guna bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungannya.
Karena itu, pendidikan yang berhubungan dengan penanaman atau pembentukan dasar keimanan (aqidah), pelaksanaan ibadah merupakan tanggung jawab orang tua, guru dan pemerintah.
Pemerintah, katanya, memiliki andil besar dalam mendidik, karena pendidikan merupakan hak rakyat yang harus dipenuhi.
"Untuk itu pemerintah perlu menyediakan sarana dan prasarana pendidikan," katanya sedangkan orang tua berkewajiban menjaga, mendidik, memelihara, serta membimbing dan mengarahkan dengan sungguh-sungguh tingkah laku anak sesuai amanah agama.
Sedangkan guru, sebagai pendidik di sekolah dan perlu menjadi teladan yang baik bagi anak didiknya.
"Sejalan dengan Perda ini, kita pun sudah lama menyelenggarakan MTQ Pelajar," tandasnya.
Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Samarinda H Jaffar Abdul Gaffar yang hadir di kesempatan Safari Ramadan membenarkan perda tersebut.
"Tahun 2012 draf Perdanya sudah kita bahas. Sekarang tinggal menunggu kajian akademisi dari Unmul dan Universitas Widya Gama Mahakam," ucap Jaffar.
Menurutnya, ketika Perda telah disyahkan maka nantinya pemerintah mewajibkan bisa baca Al Quran di sekolah-sekolah.
"Ini penting agar generasi penerus sejak dini tidak terpengaruh oleh budaya asing yang belum tentu positif bagi perkembangan umat dan anak muda," tegasnya.
Rangkaian Safari Ramadan Pemkot Samarinda lalu diawali dengan buka bersama di kantor Kecamatan Loa Janan Ilir, kemudian dilanjutkan shalat Tarawih di masjid Jami' Assallam dan ceramah disampaikan KH Djunaidi Maksum.(hms2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.