. Peringati Hari Lansia dengan Olahraga dan Doorprize - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Senin, 27 Mei 2013

Peringati Hari Lansia dengan Olahraga dan Doorprize


**Juga Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis

SAMARINDA—Ratusan lanjut usia (Lansia) dari berbagai Posyandu Lansia se kota Samarinda memperingati Hari Lansia Nasional tahun 2013, diawali dengan Senam Lansia, pembagian doorprize dan pemeriksaan kesehatan gratis di halaman parkir Samarinda Square, Minggu (26/5).
“Olahraga sehat bersama lansia pagi ini, bentuk pembinaan dan kepedulian pemerintah kota maupun Dinas Kesehatan, dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar lansia serta mendapatkan pelayanan kesehatan,” ungkap Wali Kota Samarinda dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setkot Samarinda Suryawan Atmaja.
Suryawan menyebutkan, salah satu indikator keberhasilan pembangunan adalah semakin meningkatnya usia harapan hidup penduduk. Dimana, dengan meningkatnya usia harapan hidup penduduk menyebabkan jumlah penduduk lansia terus meningkat dari tahun ke tahun.
“Dengan meningkatnya jumlah lansia, harus senantiasa diantisipasi agar kelompok ini tetap mempunyai kondisi fisik dan mental yang prima untuk menjadi sumber daya yang optimal melalui pemantauan dan pembinaan,” katanya.
Ditambahkan kepala Dinas Kesehatan Samarinda drg Nina Endang Rahayu, pembinaan lansia akan lebih berhasil apabila keluarga, tokoh masyarakat ataupun sektor terkait lainnya ikut berperan aktif dalam upaya yang dilakukan.
“Misalnya membantu kegiatan penyuluhan secara teratur dan berkesinambungan mengenai pembinaan kesehatan lansia, termasuk fungsi fasilitator dalam komunikasi,” tandasnya.
Nina membeberkan hingga saat ini ada sekitar 2400-an lansia di kota Samarinda yang terdata melalui posyandu-posyandu lansia. “Harapan kita lansia yang belum bergabung di posyandu supaya bisa bergabung, karena banyak manfaatnya. Jangan sampai merasa hari tua sia-sia, mari beraktifitas di posyandu lansia, banyak kegiatan positif, disamping pelayanan kesehatan pun jadi diperhatikan,” imbuhnya.
Sementara Syafei, dari Komisi Daerah Lansia kota Samarinda berharap melalui peringatan tahun ini bisa membangkitkan kembali semangat hidup kaum lansia. “Kita berharap, Lansia Centre yang direncanakan bapak wali kota bisa segera terwujud,” tandasnya.(hms2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.