. Petenun Sarung Samarinda ‘Berguru’ ke Pekalongan - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Minggu, 09 Desember 2012

Petenun Sarung Samarinda ‘Berguru’ ke Pekalongan


Sarung Samarinda yang sudah tersohor dimana-mana, ternyata masih perlu belajar ke Pekalongan, bukan untuk teknik menenunya, tapi upaya pengkayaan wawasan termasuk strategi menembus pasar lebih besar.
“Sebanyak 5 orang petenun dengan pendampingan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Samarinda, mulai Pak Ismed, Jimmy Akhmadi dan Rizaldi Anshari selama 3 hari mendampingi para petenun untuk melihat langsung ke industri-industri pertenunan yang ada di Pekalongan,” ucap Kepala Disperindag Samarinda Robby Hartono didampingi kepala Seksi Industri Logam dan Perekayasaan Ismed Rustamy kepada wartawan baru-baru ini.
Robby mengemukakan mereka disana lebih mempelajari tentang kiat-kiat usaha pertenunan dalam meningkatkan pemasaran hasil tenun tersebut.
“Para petenun di Pekalongan ternyata tidak terpaku pada produksi dengan kualitas utama, tetapi juga memproduksi barang tenun kualitas nomor dua yang biasa disebut kw 1, kw 2 dan seterusnya,” timpal Totom biasa Ismed.
Hal ini dimaksudkan terang Robby lagi agar perputaran usaha dapat terus berjalan. “Perbandingannya adalah 1 produk tenun kualitas utama dan 100 kualitas dibawahnya,” bebernya.
Selain itu, katanya, para petenun di Pekalongan tidak hanya memproduksi sarung, tapi pula memproduksi sejadah, keset dan lainnya. “Untuk pemasaran, selain membuka outlet-outlet, juga di kirim ke pasar tradisional dan pasar modern seperti hypermart dan lainnya,” tandasnya.
Hasil pengamatan selama ini, lanjutnya dari pengamatan selama ini di Pekalongan tersebut diharapkan para perajin tenun sarung Samarinda dapat mencoba kesuksesan petenun Pekalongan tersebut di sini, dimana peluang itu terbuka lebar di Samarinda.
“Setelah kunjungan itu, kami juga memberikan pelatihan selama 4 hari,” pungkas Robby.(hms2)

 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.