. Dukung Rakernas Forum Pemuda Bahari - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Senin, 12 November 2012

Dukung Rakernas Forum Pemuda Bahari

Budaya Maritim atau kelautan memang menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang harus dipertahankan. Termasuk Kota Samarinda yang sejarahnya merupakan bagian dari budaya maritim suku Bugis yang kemudian menjadi asal berdirinya kota samarinda.
Demikian Walikota Samarinda Syaharie Jaang, Jumat (9/11) kemarin ketika berdialog dengan sejumlah pemuda dalam rangka pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Forum Pemuda Bahari yang akan diselenggarakan di kediaman Gubernur Kaltim, Lamin Etam 29 November 2012 mendatang.
Walikota mengatakan Pemkot Samarinda mendukung pelaksanaan kegiatan ini sebagai bagian dari upaya untuk mendorong meningkatkan kecintaan pemuda terhadap tanah air, meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme, mengubah "mindset" bangsa yang bercorak kontinental-agraris menjadi maritim, mengembangkan jiwa wirausaha dan Industri kebaharian di kalangan pemuda serta upaya untuk mempersiapkan generasi muda menjadi garda terdepan membangun negara maritim.
Dikatakannya, generasi pemuda sekarang harus mampu mencintai dunia bahari dan mengembangkan berbagai macam sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di pulau-pulau terluar dan terdepan Indonesia, apalagi Provinsi Kaltim berada pada wilayah perbatasan sehingga para pemudanya harus mampu mengelola potensi yang ada secara maksimal.
“Saya berharap kegiatan Rakernas nanti mendorong kepekaan pemuda dalam mengantar kembali kejayaan kebaharian yang selama ini hanya menjadi cerita kebanggaan dan kesejahteraan di masa yang lalu,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Kornelis menyebutkan saat ini nilai-nilai kebaharian pada diri para pemuda berangsur hilang seiring prespektif kebijakan pemerintah yang cenderung teresterial ke darat (agraris) sementara 70 persen wilayah Indonesia adalah laut.
Penetrasi pemukiman masyarat Nusantara yang sejak dahulu bermukim di wilayah pesisir dan pulau mencirikan sebuah tradisi bahari secara turun-temurun.
“Dukungan Pemkot Samarinda tentu menjadi motibvasi kuat bagi kami untuk mengembangakn diri dan membangun kerangka berfikir yang kreatif dan solutif sehingga isu yang kami bawa adalah bagaimana pemuda sekarang menjadi generasi yang mengembangkan potensi kebaharian sehingga berdaya saing baik secara ekonomis maupun dampaknya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya (HMS4).
 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.