. Dinkessos Berikan Penyuluhan KDRT - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Kamis, 15 November 2012

Dinkessos Berikan Penyuluhan KDRT

Sebanyak 50 peserta dari berbagai unsur masyrakat mengikuti penyuluhan sosial korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan Napza yang dilaksanakan Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos) Samarinda di aula kantornya, Selasa (13/11).
“Kita miris dengan korban tindak kekerasan ini. Sudah menjadi korban, bertambah derita-derita yang harus dialaminya. Pada umumnya korban kekerasan mengalami permasalahan yang sangat serius dan kompleks, baik secara fisik, mental maupun sosial sebagai dampak pengalaman traumatis yang berkepanjangan dan mungkin akan melekat seumur hidup apabila tidak ditangani dan diberi bantuan pertolongan secara professional,” ungkap kepala Dinkessos Samarinda Makmun Andi Nuhung ketika membuka penyuluhan.
Dikatakannya, dalam berbagai kasus memperlihatkan korban cenderung memiliki rasa ketakutan yang berlebihan, kehilangan harga diri, harapan hidup, kegelisahan karena berkembangnya suasana yang mirip tragedi yang dialaminya.
“Kondisi ini semakin diperparah dengan adanya stigma internal maupun eksternal yang mengisolasi serta sangat dipengaruhi faktor budaya yang berkembang,” tandasnya.
Menurutnya sebagai konsekuensi dari keadaan seperti ini, maka tindak kekerasan memerlukan penanganan berbagai pihak dan berkesinambungan yang melibatkan organisasi sosial, pemuka masyarakat dan agama, organisasi profesi, dunia usaha, media massa dan masyarakat yang peduli terhadap penanganan masalah korban tindak kekerasan.
Oleh karena itu, lanjutnya melalui penyuluhan peserta akan diberikan pemahaman dan dibekali UU tentang penghapusan KDRT yang diatur secara komprehensif, jelas dan tegas untuk melindungi dan berpihak kepada korban serta sekaligus memberikan pendidikan dan penyadaran kepada masyarakat dan aparat.
Peserta penyuluhan ini sendiri diikuti 50 peserta dari unsure kelurahan, kecamatan, PKK kelurahan, LK3 kota Samarinda dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Sedangkan narasumber dari kepala Dinkessos, Polresta Samarinda dan Pengadilan Agama Samarinda.
 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.