. Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pemkot Gelar Bimtek Penyusunan IKM - Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda
News Update :
## Saksikan dan ikutin..!!! FESTIVAL MAHAKAM XIII Tahun 2013 Pada Tanggal 01 - 03 Nopember 2013 di Tepian Mahakam Kota Samarinda ##

Jumat, 28 September 2012

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pemkot Gelar Bimtek Penyusunan IKM

Guna meningkatkan kualitas pelayanan Publik sesuai kebutuhan masyarakat. Pemkot Samarinda melalui Bagian Organisasi  baru-baru ini, melakukan Bimtek Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) khususnya unit pelayanan yang berlangsung selama empat hari,  di Balaikota.
Menurut penanggung jawab kegiatan Bimtek H. Nurhar sebenarnya unit pelayanan Pemkot sebelumnya telah melakukan survei terhadap masyarakat terkait kepuasan pelayanan tersebut.
” Namun agar benar dan lebih akurat dalam penyusunan datanya bimtek maka perlu dilakukan kembali,” ungkapnya disela kegiatan.
Hal itu juga jelasnya sesuai dengan surat edaran Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (MENPAN) tentang perlunya dilakukan survei indeks kepuasan masyarakat pada seluruh unit pelayanan masyarakat di semua kabupaten kota di propinsi tanah air. Karena pedoman dari Menpan tersebut berdasarkan prinsip pelayanan yang terdiri dari 14 unsur  yang mana minimal  harus ada untuk dasar pengukuran indek kepuasan masyarakat . Diantaranya prosedur pelayanan mencakup kemudahan dan kesederhanaan alur layanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas, kedisiplinan petugas, tanggung jawab petugas, kemampuan, keadilan, kesopanan, kewajaran biaya, kepastian waktu hingga kenyamanan lingkungan pelayanan.
”Untuk menyusun semua indikator inilah perlu dilakukan keseragaman teknis dengan menjadikan surat Menpan sebagai acuan yang disampaikan melalui bimtek dengan melibatkan LAN sebagai nara sumber,”  urai Nurhar.
Untuk Pelaksanaan surveinya sendiri sambung dia setidaknya dilakukan sekali dalam kurun waktu 6 bulan.
”Tetapi Pemkot Samarinda sendiri melalui surat edaran Wakil Walikota meminta kepada unit pelayanan agar dapat membuat survei berkala setiap 3 bulan,” ucapnya.
Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui skor Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM )tersebut. Yang tujuannya agar hasil survei untuk segera ditindak lanjuti dengan mengevaluasi secara intern pada unit pelayanan bersangkutan sekaligus menembuskan laporannya ke pihak kementrian,” pungkas Nurhar.(HMS3)
 

© Copyright Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.